digital marketing campaign di indonesia yang sesuai demografi

Strategi digital marketing campaign di Indonesia yang sesuai demografi karena menentukan bagaimana kita akan melakukan pendekatan terhadap umur pengguna, gender, tingkat pendidikan, dan selera. Hal ini akan dikaitkan dengan konten yang akan kita publish. Internet bukanlah sesuatu yang asing lagi di telinga masyarakat kini. Bisa dikatakan kalau masyarakat sekarang sulit untuk menghabiskan hari tanpa bergantung kepada internet.

Karena itu, bukan tidak mungkin kalau marketing dilakukan melalui internet. Pengguna internet di Indonesia, menurut data dari Menkominfo, bisa dibilang mencapai angka yang cukup tinggi yaitu 88 juta orang. Dari angka tersebut, sekitar 90% dari keseluruhan menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Hal ini berarti bahwa Indonesia bisa menjadi lapak penjualan yang berbasis digital.

digital marketing campaign di indonesia yang sesuai demografi

Digital marketing sendiri berarti usaha penjualan melalui dunia maya atau digital, baik melalui media sosial, situs penyalur video seperti YouTube, dan lain lain. Sekarang ini, sudah sangat lumrah bila kita melihat iklan saat sedang browsing di internet, karena memang hal tersebut sangat membantu penjualan, misalnya dengan membuat brand lebih dikenal orang banyak. Di Indonesia sendiri pun hal tersebut sudah banyak dipakai, misalnya Oreo yang membuat digital campaign di bertajuk “Asyiknya Bersama”, Yamaha yang membuat campaign dengan tagline #changeyourlife, maupun film yang sempat santer dibicarakan baru-baru ini, Ada Apa Dengan Cinta yang membuat short drama di salah satu media sosial.

baca juga yang ini :  Bagaimana Pengukuran Kesuksesan Digital Marketing Agency di Indonesia

Untuk menjalankan digital marketing, kita harus pertama memulai riset mengenai penggunanya karena hal ini akan menentukan bagaimana kita akan melakukan pendekatan. Yang patut dijadikan acuan adalah umur pengguna, gender, tingkat pendidikan, dan selera, dan hal ini akan dikaitkan dengan konten yang akan kita publish.

Media sosial merupakan salah satu lahan digital marketing paling potensial mengingat penggunanya di Indonesia yang sangat banyak. Berikut adalah grafik penggunaan sosial media di Indonesia berdasarkan We Are Social;

Dilihat dari grafik diatas, bisa dikatakan bahwa Facebook adalah media yang paling banyak digunakan oleh warga Indonesia. Tetapi apakah itu berarti bahwa Facebook adalah media paling bagus? Tidak bisa langsung disimpulkan begitu. Hal ini masih dipengaruhi lagi oleh audiens dan industri yang Anda jalani. Misalnya, gunakan Instagram kalau apa yang Anda pasarkan bisa disajikan dalam bentuk foto yang menarik. Golongan usia yang memakai Instagram juga bisa dibilang cukup rendah karena penggunanya rata-rata berusia dibawah 40 tahun.

digital marketing campaign di indonesia yang sesuai demografi 2

Anda juga harus menetapkan kepribadian yang akan Anda gunakan dalam memasarkan brand Anda. Ada yang santai dan menggunakan bahasa gaul, ada pula yang formal dan menggunakan tatanan bahasa yang baku. Tidak ada yang salah dan benar, tetapi hal ini harus mencerminkan bisnis Anda, dan apakah sudah sesuai dengan target audiens Anda. Akan menjadi sangat aneh bila Anda menawarkan program asuransi untuk masa tua dengan bahasa gaul, bukan?

baca juga yang ini :  Inilah Kiat Jitu Memanfaatkan Digital Marketing Indonesia

Hal berikutnya yang harus diperhatikan, dan dikatakan terpenting, adalah kontennya sendiri. Tanpa konten yang menarik, semua hal yang dilakukan akan menjadi percuma karena tidak akan menarik minat orang banyak. Dalam hal ini, faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah kualitas konten, pemilihan waktu posting, dan frekuensi posting. Walaupun kualitas dari konten Anda bagus, tetapi kalau mem-post di waktu yang salah, hasilnya tidak akan maksimal. Hal ini yang membutuhkan riset lebih lanjut karena tidak semua industri, target pasar, dan demografi mempunyai ketertarikan yang sama.